Kamis, 03 Januari 2013

Nabi KongCu



Khong Cu, selain sebagai Guru Agung, Filosof Besar, beliau adalah termasuk Nabi yang tidak dikisahkan dalam Al-Qur’aan. Hal ini Al-Qur’aan sendiri menerangkan, bahwa ada beberapa Nabi yang kehidupannya tidak dikisahkan dalam Al-Qur’aan.
 Allah berfirman Q.S. Annisaa 163-165 :

إِنَّا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ كَمَا أَوْحَيْنَا إِلَى نُوحٍ وَالنَّبِيِّينَ مِنْ بَعْدِهِ وَأَوْحَيْنَا إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالأسْبَاطِ وَعِيسَى وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَارُونَ وَسُلَيْمَانَ وَآتَيْنَا دَاوُدَ زَبُورًا (١٦٣)وَرُسُلا قَدْ قَصَصْنَاهُمْ عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَرُسُلا لَمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ وَكَلَّمَ اللَّهُ مُوسَى تَكْلِيمًا (١٦٤)رُسُلا مُبَشِّرِينَ وَمُنْذِرِينَ لِئَلا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَى اللَّهِ حُجَّةٌ بَعْدَ الرُّسُلِ وَكَانَ اللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا (١٦٥)


Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma`il, ishak, Ya`qub dan anak cucunya, `Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.(163)
 Dan (kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.(164)
 (Mereka kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.(Q.S.ANNISAA’;163-165).
Firman Allah Q.S. Al Mukmin 78:

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلا مِنْ قَبْلِكَ مِنْهُمْ مَنْ قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُمْ مَنْ لَمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ وَمَا كَانَ لِرَسُولٍ أَنْ يَأْتِيَ بِآيَةٍ إِلا بِإِذْنِ اللَّهِ فَإِذَا جَاءَ أَمْرُ اللَّهِ قُضِيَ بِالْحَقِّ وَخَسِرَ هُنَالِكَ الْمُبْطِلُونَ (٧٨)


 Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mu`jizat, melainkan dengan seizin Allah; maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.( Q.S.GHOFIR;A;78/ALMU’MIN).

Muhammad Abduh dalam memberikan tafasir Ayat tersebut, sebagai berikut:” Rasul- rasul yang tidak Kami kisahkan kepadamu, yaitu Rasul yang ada pada umat terdahulu dan tarekh kehidupannya belum dikenal orang –orang Arab juga belum dikenal oleh kaum Yahudi dan Nasrani, yaitu Rasul- rasul yang berada di negeri Timur; Cina, Yapan dan India, ..juga dari negeri Utara \ Eropa dan juga umat lain yang berada di belahan bumi Amrika. (ALMANAAR; IV; hl; 70).

Hal ini dikuatkan dengan suatu Hadits dari Rasulillah Muhammad SAW :

 أطلبوا العلم ولو بالصين لأن طلب العلم فريضة على كل مسلم

 “Carilah olehmu akan llmu, sekalipun sampai kenegeri cina, karena esungguhnya mencari ilmu itu wajib bagi tiap muslim”.(H.R.IBNU ADDIY dan ALBAIHAQIY) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar